Air terjun merupakan salah satu keindahan alam yang dikagumi manusia. Ketinggian, aliran air yang deras maupun yang tenang, suara gemercik air, dan suasana di sekitar tebing, bebatuan, dan air membuat air terjun menarik bagi wisatawan, penjelajah, maupun peneliti.


Dari berbagai air terjun tinggi di dunia, ada di antaranya yang sangat tinggi. Beberapa bahkan hanya bisa dinikmati manusia dari kejauhan, dari laut, bahkan dari udara menggunakan pesawat atau helikopter.


Apa saja air terjun tertinggi di dunia?


1. Air terjun Iguazu



Air terjun Iguazu berlokasi di perbatasan Argentina dan Brasil. Ia adalah satu-satunya air terjun yang dapat menandingi air terjun Victoria.



Iguazu paling mempesona jika disaksikan dari sisi Brasil. Hutan hujan di sekitar Iguazu pun membuatnya tampak semakin menarik.



2. Air terjun Victoria



Air terjun Victoria membentang dengan tirai sepanjang 1.708 meter dan ketinggian hingga 108 meter. Proporsi inilah yang menjadikan air terjun Victoria sebagai air terjun terbesar yang sangat mempesona.



Salah satu air terjun terbesar di dunia ini berada di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.



3. Air terjun Niagara



Air terjun Niagara merupakan salah satu air terjun terbesar di dunia yang sangat populer. Terbukti, setiap tahun, jutaan orang datang untuk melihat keajaiban air terjun Niagara.



Air terjun Niagara ini terdiri dari air terjun Amerika, air terjun Bridal Veil, dan air terjun Horseshoe.



4. Air terjun Angel



Terletak di Venezuela, air terjun Angel merupakan salah satu air terjun terbesar di dunia dengan ketinggian 807 meter.



5. Air Terjun Sutherland, Selandia Baru



Air Terjun Sutherland berada di lokasi terpencil namun sepadan dengan semua usaha untuk mencapainya. Terselip di dalam pegunungan epik, lokasi ini menjadi salah satu air terjun paling dramatis yang pernah ada. Dengan tiga air terjun terpisah, Air Terjun Sutherland membentang hingga 580 meter yang mengesankan. Karena terletak di dalam pegunungan K Tiritiri o te Moana yang terpencil, wisatawan harus terbang atau mendaki beberapa hari untuk mencapainya.



6. Air Terjun Jog, Karnataka



Dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun, Jog Falls terkenal sebagai air terjun terjun tertinggi kedua di India. Airnya berasal dari sungai Sharavathi yang membelah menjadi empat air terjun yang menakjubkan, yang bergabung untuk membentuk air terjun besar yang megah. Air terjun ini menakjubkan karena volume airnya yang mengalir deras setiap detik dari ketinggian sekitar 829 kaki atau sekitar 252 meter.



7. Air Terjun Kaieteur, Guyana



Lokasinya yang terpencil adalah daya tarik tambahannya. Terletak di Taman Nasional Kaieteur di hutan hujan Amazon Guyana, air terjun yang megah ini adalah pemandangan yang harus dilihat. Dialiri oleh Sungai Potaro, air terjun ini mengalir 226 meter dari tebing yang luas. Ini adalah salah satu tempat wisata terkemuka di Guyana. Untuk menyaksikan keindahannya, wisatawan harus naik pesawat wisata lokal karena lokasinya yang terpencil.


Semoga Anda menikmati artikel ini!


Read More